Biografi Dr,Bilal Philips (Abu Ameenah)

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ Alhamdulillah, Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah .

Beberapa waktu lalu (Januari 2012) Radio Rodja 756 AM mengadakan kajian live bersama sosok Du'at yang berasal dari Jamaika yaitu Abu Ameenah Dr,Bilal Philips, untuk mengenal sedikit tentang beliau. Mari kita baca biografi beliau di bawah ini :

Dr Abu Bilal Philips Ameenah Scholar Islam Jamaika Kanada yang masuk Islam di awal tahun tujuh puluhan setelah perjalanan politik dan intelektual dari Kristen ke Komunisme. Tak lama setelah reversi ke Islam, ia memulai perjalanan akademis rohani ke sisi lain dari dunia mencari pengetahuan Islam. Perjalanan ini membawanya ke Arab Saudi di mana ia menyelesaikan gelar BA dalam studi Islam di Madinah, dan MA dalam Teologi Islam di Riyadh, kemudian ke University of Wales, Inggris, di mana ia menyelesaikan PhD dalam Teologi Islam di awal tahun sembilan puluhan.

 Setelah lulus dari Madinah, Dr Bilal menjadi seorang guru studi Islam selama 10 tahun di sebuah Sekolah Tinggi Islam, Manaret Riyadh, dan dosen studi Arab dan Islam di Universitas Amerika di Dubai, UEA, selama 10 tahun. Selama 10 tahun di UAE, ia mendirikan dan mengajar di Pusat Informasi Islam di Dubai, dan selama 7 tahun berikutnya nya di Qatar ia telah menjadi konsultan Islam dan dosen untuk sayap Informasi Islam Sh. Idul Fitri Amal.

 Dr Bilal Philips telah ditulis, diterjemahkan dan berkomentar di lebih dari 50 buku yang diterbitkan pada berbagai topik Islam. Dia juga diedit dan menerbitkan buku Seri 56 Eemaan Membaca untuk anak-anak dan program Islam disajikan untuk beberapa tahun di Riyadh Saluran 2TV, Sharjah TV selama sepuluh tahun, serta Perdamaian TV, Huda TV, Islam Channel, Inggris, dan Deen Show, Chicago, USA.

 "Tidak ada waktu untuk liburan", kata Bilal Philips, "ketika Anda menyadari betapa sedikit waktu yang ada, dan berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk Islam."


 Pada tahun 2002 Dr Philips mendirikan dan mengepalai departemen studi Islam Universitas Preston, Ajman, UAE, dan pada tahun 2007 ia mendirikan dan memimpin Akademi Studi Islam, Doha, Qatar, sementara secara bersamaan meluncurkan Online Universitas Islam (www.islamiconlineuniversity.com) yang saat ini menawarkan program studi Islam gratis ke lebih dari 30.000 mahasiswa terdaftar dari lebih 177 negara dunia yang berbeda luas, dan untuk itu ia dimasukkan dalam penerbitan Yordania, The 500 Muslim Paling Berpengaruh (rissc.jo/muslim500v-1L.pdf). Dr Bilal kemudian didirikan dan dipimpin, pada tahun 2008, media Inggris departemen studi Islam Universitas Pengetahuan Internasional (www.kiu.org), siapa yang Chancellor Abdil Azis Syaikh Dr 'Abdur-Rahman bin' Al Sudais dan siapa yang Presiden Dewan pengawas adalah Syaikh 'Abdul Azis bin' Abdullah Al Syaikh, Mufti Arab Saudi. Baru-baru ini, pada tahun 2009, Dr Bilal Philips mendirikan dan memimpin Fakultas Dakwah dan Kebudayaan Islam (Bagian Bahasa Inggris), Universitas Islam Omdurman, Sudan, dan didirikan dan diarahkan Preston International College (www.prestonchennai.ac.in) di Chennai , India. Pada bulan Maret tahun ini (2010) Dr Abu Ameenah Bilal Philips meluncurkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah BA terakreditasi kuliah-gratis di program gelar Studi Islam di University Online Islam (bais.islamiconlineuniversity.com).



Diterjemahkan di Google Translite  dari www.bilalphilips.com
Publikasi : www.rynoedin.blogspot.com
Tag : Biografi
comments
0 Komentar untuk "Biografi Dr,Bilal Philips (Abu Ameenah)"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan