Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Diakhir semester ganjil ini, anak-anak kelas akhir untuk jenjang SMA/SMK sudah mulai memikirkan jenjang pendidikan selanjutnya yang ingin ditempuh dibangku kuliah nantinya.

Pemilihan ini bisa menjadi masalah tersendiri karena terkadang ada beberapa mahasiswa yang merasa salah jurusan ketika dia sudah menjalani masa-masa kuliah.

Entah karena paksaan orang atau karena hal sepele yaitu ikut teman-teman dalam memilih jurusan perkuliahan.

Hal ini tentu saja tidak tepat, seharusnya jurusan perkuliahan dipilih oleh calon mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Tidak sembarang dalam memilih jurusan tersebut.

Hal ini juga sempat saya alami sebelum saya memilih jurusan Manajemen Pendidikan Islam saat ini. 

Ketika saya berniat untuk melanjutkan kuliah, saya sempat bimbang. Karena saat itu saya sedang menyukai bidang teknologi informasi dan bisnis yang sedang dirintia sedikit demi sedikit. 

Disatu sisi saat ini juga saya sedang bergulat didunia Pendidikan sebagai pengajar disalah satu sekolah SD Islam Terpadu.

Hal ini tentu saja menjadi polemik dan kebingungan dalam diri saya, ada 3 pilihan jurusan yang bisa saya ambil :

1. Kependidikan
2. Teknologi Informasi
3. Bisnis

Melihat dari urgensinya, untuk saat ini saya membutuhkan ilmu kependidikan. Karena biar bagaimanapun saya sudah memasuki dunia pendidikan dan sudah seharusnya saya mendalami ilmu kependidikan ini.

Pada akhirnya saya memilih jurusan Manajemen Pendidika Islam karena hampir semua mata kuliah sangat relevan dengan profesi yang sedang saya jalani saat ini sebagai seorang guru.

Maka, saya nasihatkan kepada adik-adiku pilihlah jurusankuliah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan keilmuanmu. Bukan karena paksaan orang tua atau cuma sekedar ikut-ikutan teman kalian.

Demikian semoga bermanfaat.

Tag : kuliah
comments
0 Komentar untuk "Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan