MENJADI JOMBLO KARENA ALLAH (MANG BISA??)






“Hari genee gak punya pacar? Ke laut aja Lo...., gak gaul sih, kuno, ekstrem,jadul”
Yap, kalimat di atas mungkin dah gak asing terdengar di telinga kita para ikhwan dan akhwat terutama yang menginjak masa remaja dan yang masih muda dan belum menikah (termasuk ana..hehehe) yang Insya Allah berusaha tetap istiqomah menjalani syari’at untuk tidak “pacaran”, karena dalam Islam, hubungan lawan jenis yang bukan mahram sudah di atur dengan yang namanya “PERNIKAHAN”. 

So.. gak ada yang namanya pacaran Islami, Tunangan Islami, apalagi modus baru “Pacaran berkedok ta’aruf”. Eits..tenang akhi wa ukhti..laa taghdob, simak penjelasannya dulu ya, baru bisa ambil kesimpulan..Monggo disimak ya

Virus cinta, bisa lebih dahsyat daripada virus penyakit lho. Apalagi ketika aktivis dakwah pun diserangnya, berobat ke dokter manapun gak ada yang mempan. Ada yang mendiagnosa terjangkitnya sering melalui sms ria kepada lawan jenis yang kelewat ‘hot’, keseringan ketemu, keseringan berkoordinasi di organisasi, ataupun bisa juga karena terlalu ‘BeTe’ karena kelamaan nunggu jodoh yang gak dateng-dateng juga. Di usia kita yang masih muda (buat yang ngeras muda aja ya), virus ini sering nabrak-nabrak dinding hati. Kalau tidak kuat pertahanan iman kita bisa jebol. Padahal cinta setelah nikah lah yang lebih menenangkan, lebih murni dan sesuai syari’at Islam ini..Trus gimana cara ngebendung virus ini ya?

Pilih salah satu!! Nikah atau Banyak puasa?

Memang apa hubungannya? Buat yang masih jomblo (belum nikah maksudnya) jelas sangat berhubungan. Menikah bisa jadi solusi agar terhindar dari aktivitas yang tidak halal (deg-degan, pegang-pegangan, sayang-sayangan, berdua-duaan). Loh akhi masa cuma pegangan tangan cewek aja gak boleh? Ni ana sampaikan dalilnya yah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Seseorang ditusuk kepalanya dengan besi panas lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal (bukan mahram) baginya.” (HR. At-Thabrani & Baihaqi)
Kalau belum bisa nikah karena banyak kendala, puasa bisa sangat mengurangi keinginan untuk mengeksplor perasaan yang tidak bisa dikendalikan. Seperti dalam hadits: “Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian telah mampu, menikahlah! Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan mata & memelihara kemaluan. Dan barang siapa belum mampu, maka hendaklah berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penghalang untuk melawan gejolak hawa nafsu.” (HR.Bukhari, Muslim, Ibnu Majjah,dan Tirmidzi)

Pacaran adalah Saudaranya Zina!!


Tidak satupun ayat atau hadits yang menyinggung soal bolehnya pacaran. Bahkan Allah bukan saja menyuruh kita untuk tidak berzina, tapi malah deketin zina aja tidak boleh. Ah Masa sih? Mana dalilny? Ni disimak ya firman Allah Azza wa Jalla:
وَلاَ تَقْرَبُواْ الزِّنَى إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاء سَبِيلاً .

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (QS.Al Israa: 32)

Padahal pacaran jelas sekali menjurus ke perzinaan, buktinya banyak yang hamil duluan. Solusinya cari kegiatan yang lebih sehat yang membuat perasaan kita tidak mudah diombang-ambing. Kalau sibuk kegiatan positif, insya Allah pikiran gak ngelantur kemana-mana.

Hindari “mojok” di tempat yang rame, apalagi yang sepi gak boleh, Mojok disini bukan hanya duduk berduaan loh! Jalan-jalan berdua, sering telepon dan smsan membicarakan hal yang gak penting ataupun bikin PR berduaan dengan lawan jenis bisa masuk kategori mojok.Hati-hati Rasulullah pernah bersabda, “Janganlah dari kalian wahai kaum laki-laki berkhalwat (berduaan) dengan wanita, kecuali disertai dengan mahramnya.” ( HR.Bukhari & Muslim)

Wahai Wanita, tutup aurat dong!


Membantu lawan jenis agar tidak kotor hati dengan tidak berpenampilan “mengundang”/ merangsang, bisa dapat 2 pahala. Pahala menjalankan perintah menutup aurat, dan pahala membantu orang lain. Buat yang cewek nggak mungkin bisa menjaga hati jika sang lelaki tergoda padamu. Allah mewanti-wanti:
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاء الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS.Al Ahzab: 59)

Wahai Pria, jangan jelalatan deh ah!

Tidak semua wanita bisa dihimbau untuk menutup aurat, apalagi yang Non-Muslim. Jadi buat yang cowok nih yang harus bisa tahan napas dan mata. Ingat sabda Rasulullah:
“Hendaklah kita sebenar-benarnya memejamkan mata dan memelihara kemaluan, atau benar-benar Allah akan menutup rapat matamu.” (HR.At-Thabrani)

Jodoh kita sudah pasti ada

Jangan cemas kalau nggak punya pacar. Sudah terbukti 100% bahwa pacaran tidak menjamin kita menemukan jodoh. Berbahagialah kamu yang menjomblo ikhlas karena Allah. Percayalah jodoh, rezeki, hidup, dan ajal sudah diatur Allah. Yang harus diingat adalah
“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (QS.An Nuur: 26)
So, kalau mau dapat jodoh yang baik, tentu kita harus perbaiki diri sendiri dulu.

Banyak minta sama Allah

Kalau masih gak kuasa untuk membendung rasa cintamu pada lawan jenis, perbanyaklah berdoa, terutama di saat-saat mustajab. “Ya Allah, aku berlindung padamu dari ilmu yang tak berguna, dari hati yang tak pernah tenang, dari doa yang tidak didengar, dan dari nafsu yang tidak pernah kenyang” (HR. An Nasa’i) Insya Allah, Dia tahu yang terbaik dalam menjawab doamu.

Selamat berjihad melawan hawa nafsu

Bekasi, 14-12-11

Publish : www.rynoedin.blogspot.com
comments
5 Komentar untuk "MENJADI JOMBLO KARENA ALLAH (MANG BISA??)"

JAZZAKUMULLOH KHOIR..
terimakasih banyak mas :D

Terimakasih atas komentar anda sekalian, semoga bermanfaat bagi kita semua..!

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan