Ruang Guru, Ancaman buat Para Guru?

Semua ada masanya, mungkin kalimat itu yang bisa membuka tulisan kali ini mengenai keadaan yang cepat banget berubahnya.hee

Dulu hampir semua orang bangga kalau bisa belanja di Mall, tapi sekarang cukup di dalem kamar, barang apa aja bisa kita cari dan beli, bahkan bisa langsung sampe hari itu juga. Dulu orang juga bangga bisa pulang pergi naik Taxi, tapi sekarang naik ojek aja bisa jadi gengsi loh. Ya gitu lah masa emang cepet banget berubah, tanpa kita sadari kan?.

Kita diem, orang-orang udah mulai berjalan, kita mulai jalan orang-orang udah mulai berlari, kita baru lari-lari orang lain udah mulai istirahat. Itu sebuah perumpamaan aja kalau kita males buat ngikutin perkembangan atau ga mau membuka diri dan pemikiran kita untuk mengikuti perkembangan yang baik.  So, kita cuma bisa jadi orang yang sekedar ikut-ikutan aja, ga punya prinsip atau ga bisa jadi contoh yang baik sebagai motor penggerak dalam kebaikan dan perubahan.

Nah, perubahan keadaan yang sangat cepat ini kadang membuat sebagian orang salah menyikapinya. Banyak berkeluh kesah karena omsetnya menurun bahkan sampai kalang kabut khawatir mata pencaharian satu-satunya mengihilang juga.

Disatu sisi perubahan-perubahan ini bisa jadi ancaman sih, soalnya banyak banget profesi-profesi yang bisa dikatakan hampir punah.hee..., Seperti contohhya penjaga pintu TOL. Sejak diberlakukanya Gerbang TOL Otomatis (GTO) sekarang pintu TOL digerakan secara otomatis oleh mesin tanpa butuh bantuan operator penjaga pintu TOL.  

Sebenernya perubahan gaya hidup manusia saat ini juga bisa jadi peluang dalam usaha atau bisnis yang sedang kita bangun, kebanyakan orang saat ini pengennya tuh ga ribet, maunya praktis, cepet-cepet dan serba murah, makanya kalau kita liat persaingan harga di toko-toko online bener-bener parah abis, kalau kita kurang-kurang modal atau tidak dapat modal barang yang lebih murah bisa gulung tiker tuh usaha, yakin deh.

Ada beberapa hal yang menjadi keuntungan buat kita hidup di era ini :

1. Akses Belajar Lebih Mudah

Sekarang kita mau belajar apa aja kayaknya hampir semua materinya udah ada di internet, tinggal kita cari, download dan kita pelajari aja. Beberapa orang juga ada yang belajarnya ya dari internet aja, tapi lumayan menghasilkan dan berbobot juga hasilnya. Contoh, salah satu temen saya yang sekarang jadi pengusaha Ayam Geprek, dulu waktu sebelum jualan, banyak belajar cara bikin bumbu dan sambelnya dari nonton di youtube sampe sekarang ayam gepreknya laku banget, alhamdulillah, Saya aja suka loh sama gepreknya apalagi sambel bawangnya...hee

2. Peluang Usaha Lebih Luas

Seperti contoh di paragraf sebelum ini, di era internet ini banyak peluang-peluang usaha yang bisa kita gali dan cari lebih dalam  lagi. Bahkan ada beberapa profesi yang baru muncul saat ini, contoh misalnya tukang balesin Chat WA (Costumer Service). Jadi Blogger, jadi Youtuber jadi Internet Markerter dan banyak lagi muncul-muncul profesi jenis baru yang ditemuin saat ini.

3. Mengoptimalkan Pekerjaan Lebih Efektif dan Efisien

Kita hidup diera ngirim Uang udah ga perlu ke ATM, beli barang ga perlu ke Mall, ngirim surat ga perlu pake kertas, telepon ga perlu pake pulsa, naik mobil bagus ga perlu punya dulu. Hee. Ya gitulah banyak hal- hal yang terbantu dan dimudahkan saat ini, tinggal bagaimana kitanya aja menyikapinya seperti apa.

So.... Bagaimana? Masih mau menggunakan metode konvesional atau menjadi penggerak perubahan?

Kembali ke diri kalian masing-masing ya gaes...he

#ruangguru #penggerakperubahan 

gambar pemanis buatan

Tag : rumbel
comments
0 Komentar untuk "Ruang Guru, Ancaman buat Para Guru?"

Terimakasih sudah membaca tulisan ini, silahkan berikan komentar. Dilarang menggunakan kata-kata kotor, hujatan ataupun kata-kata tercela lainnya.

Kami akan menghapus komentar yang kurang berkenan dan tidak relevan dengan tulisan