Bila Anak Ingin Ikut Osis, Boleh Atau TIdak?

Bila Anak Ingin Ikut Osis, Boleh Atau Tidak?

Osis adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, salah satu organisasi yang diakui secara legal dalam sebuah sekolah. Hampir semua sekolah memiliki organisasi ini, walaupun tingkat keaktifan dan efektifitasnya berbeda-beda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Hal ini merupakan pengaruh dari manajemen sekolah untuk mengembangkan osis ini. Beberapa sekolah memang tidak memiliki prioritas untuk memajukan perkumpulan ini, karena ketidaktahuan atau mungkin memang minim anggaran dalam pengembangannya.



Sebenarnya keberadaan Osis bisa meningkatkan mutu sekolah melalui program-program yang direncanakan dalam program kerja guna mendukung visi-misi sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya. Keberadaan osis bisa menjadi role model kepemimpinan dalam sekolah tersebut. Karena biasanya pengurus Osis akan digembleng dalam pelatihan atau biasa kita kenal dengan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) diharapkan darisanalah muncul teladan-teladan siswa yang bisa dijadikan contoh nyata siswa yang ideal sesuai dengan harapan semua pihak. 

Jujur saya juga sangat senang ketika menjadi pengurus OSIS sejak SMP kemudian lanjut di SMK. Banyak pelajaran yang didapat dari organisasi tersebut, pelajaran yang tidak saya dapatkan didalam kelas, tentang kedisiplinan, tanggungjawab, kerjasama dan kepemimpinan, luar biasa memang. Semua menjadi pengalaman yang sangat indah untuk dikenang. Kalau adik-adik ada kesempatan untuk bergabung di organisasi sekolah saya menyarankan untuk mengikutinya, walaupun ada waktu lebih yang harus kita keluarkan, tenaga lebih yang perlu kita curahkan dan pemikiran lebih yang harus kita tuangkan itu semua akan menjadi pengalaman dan pelajaran. Untuk orang tua, kita dukung anak-anak kita untuk mengikuti organisasi sekolah jangan halang-halangi cukup kita pantau saja agar tidak salah arah dan terlalu berlebihan. Karena pada akhirnya kita semua akan menjadi pemimpin dalam hidup kita termasuk anak-anak kita, darimana mereka mendapatkan pendidikan ini kalau tidak dari organisasi sekolah, karena saya yakin dikelas mereka tidak mendapatkan materi-materi kepemimpinan, semua pelajaran itu akan mereka dapatkan dari pengalaman mengikuti organisasi sekolah salah satunya Osis ini.


Rian Sahrudin

Alumni Pengurus OSIS SMPN 03 Tambun Selatan (Lulus 2008) & SMK Boedi Luhur Tambun Selatan Kab. Bekasi (Lulus 2011)

Posting Komentar untuk "Bila Anak Ingin Ikut Osis, Boleh Atau TIdak?"