SDIT Nuur Alaa Nuur Mengadakan Pelatihan Kurikulum Merdeka Menyambut Tahun Ajaran 2023-2024


Beberapa bulan kedepan tahun pelajaran 2022-2023 akan segara berakhir, bulan Juli sudah memasuki tahun ajaran 2023-2024. SDIT Nuur Alaa Nuur akan menggunakan kurikulum merdeka ditahun ajaran selanjutnya, dengan pilihan mandiri berubah. Artinya adalah kurikulum SDIT Nuur Alaa Nuur akan mengadopsi kurikulum terbaru yang sudah dibuat pemerintah melalui Kemendikbudristek untuk pelajaran umumnya.

Akan tetapi tidak semua jenjang menerapkan kurikulum baru ini, karena draft kurikulum dari pemerintah baru tersedia kelas 1,2,4 dan 5. Sedangkan kelas 3 dan 6 masih menggunakan Kurikulum 2013.


KENAPA KURIKULUM PERLU BERUBAH?

Jawabannya adalah karena perubahan zaman, perkembangan teknologi, karakteristik peserta didik dan yang lainnya. Sehingga perlu tindakan khusus dan penyesuaian dalam aspek pendidikan anak melalui kurikulum sekolah.

Kurikulum lama bukannya tidak bagus, tapi sudah tidak relevan sehingga perlu penyesuaian dan penyempurnaan dalam berbagai materi, metode dan media yang digunakan.

Sebaliknya, bila kurikulum Merdeka ini diterapkan pada era 90'an juga tidak bisa karena tidak sesuai dengan kondisi zaman ketika itu.

LALU BAGAIMANA DENGAN MAPEL DINNIYAH?

Adapun mapel dinniyah masih tetap menggunakan materi referensi lama (terbitan Dar Asy-Syafii, Alif Media dsb) perubahannya hanya dalam metode penyampaian dan media yang digunakan, diharapkan guru bisa lebih kreatif sehingga bisa menumbuhkan minat belajar peserta didik dan mengurangi kejenuhan dalam belajar.

Begitu juga pelajaran Tahfidz dan BTQ, guru didorong untuk terus mengembangkan diri dalam mengajarnya sehingga peserta didik bisa mencapai target minimal yang sudah ditetapkan sekolah.

Bekasi, 5 Mei 2023
Abu Sausan

Posting Komentar untuk "SDIT Nuur Alaa Nuur Mengadakan Pelatihan Kurikulum Merdeka Menyambut Tahun Ajaran 2023-2024"